6 Tips Mudah Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol

Banyak orang yang beranggapan bahwa menurunkan kolesterol tinggi merupakan hal yang sulit. Mereka berpikir bahwa hanya dengan jalur medis atau mengkonsumsi obat tertentu yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Namun perlu Anda ketahui, masih ada cara menurunkan kolesterol yang dapat dilakukan dengan langkah sederhana dan terbukti sangat efektif.

Apa saja tips mudah tersebut?  Berikut akan kami jelaskan tentang 6 tips mudah cara menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat alami yang dibuat oleh hati dan dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi sel, saraf, dan hormon yang tepat. Kolesterol bergerak dalam lipid (asam lemak) dari aliran darah yang disebut plak, bisa terbentuk di dinding arteri yang menurunkan aliran darah ke daerah vital tubuh. Jika plak terus terbentuk dalam jangka panjang, maka secara signifikan meningkatkan resiko terkena serangan jantung atau stroke.

Biasanya, kolesterol tetap seimbang. Tapi, asupan makanan yang mengandung sejumlah besar lemak dan karbohidrat olahan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Ketidakseimbangan tersebut diwujudkan dalam peningkatan LDL (kolesterol jahat) dan HDL rendah (kolesterol baik) yang meningkatkan resiko serangan jantung atau stroke. Faktor penyebab lainnya meliputi hipertensi, diabetes, stres, dan hipotiroidisme.

6 tips mudah cara menurunkan kolesterol

Berikut ini 6 tips mudah cara menurunkan kolesterol yang dapat Anda lakukan :

1. Batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol

  • Makanan dengan banyak lemak jenuh termasuk mentega, daging berlemak seperti daging merah, produk susu berlemak dan rendah lemak, minyak sawit, dan minyak kelapa.
  • Jika Anda melihat sebagian lemak terhidrogenasi dalam daftar bahan dari suatu label makanan, makanan tersebut mengandung lemak trans.
  • Sumber kolesterol diet termasuk kuning telur, daging olahan, dan kerang.

Sumber makanan yang kaya akan lemak omega 3 telah terbukti mampu mencegah penyakit jantung. Sumber makanan tersebut dapat diperoleh dari ikan air dingin seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden.

Untuk membantu Anda dalam membuat perencanaan daftar menu makanan sehari-hari, sebaiknya batasi asupan daging dan ikan hingga tidak lebih dari 3,5 sampai 4 ons per hari.

  • Pilihan Terbaik:
    Ikan kaya omega-3, seperti salmon, makarel, tuna dan sarden. Pilih minimal 2 kali seminggu. Jika Anda menggunakan ikan kaleng, seperti ikan sarden kalengan, pilihlah varietas yang sangat rendah sodium atau tanpa garam.
  • Pilihan Buruk:
    Daging merah sperti daging sapi, babi, domba, sapi, kambing. Daging merah mempunyai sifat mengubah mikrobioma usus, yang berakibat dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

2. Makanan kaya serat

Makanan yang kaya akan serat larut telah terbukti sangat baik dalam menurunkan kolesterol. Sumber yang sangat baik termasuk gandum, kacang polong, ubi jalar, dan kentang. Sayuran kaya serat larut termasuk wortel, kubis, okra, dan terong. Sumber buah yang baik adalah buah beri, markisa, jeruk, pir, dan apel.

3. Pilihlah makanan nabati kaya protein

Kacang-kacangan termasuk kacang tanah, kacang polong, dan kedelai. Sumber makanan tersebut kaya akan gizi dan merupakan makanan sehat yang penuh protein.

Kacang-kacangan dan biji-bijian telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL secara efektif. Untuk menghindari kenaikan berat badan (obesitas), diusahakan tidak makan lebih dari 1 ons setiap hari karena kacang dan biji padat dengan kalori (rata-rata sekitar 175 kalori per ons).

Baca juga : Qnc Jelly Gamat

4. Kurangi obesitas (diet sehat)

Diet sehat bermanfaat untuk berbagai macam alasan, mulai dari memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh hingga mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, asam urat, dan  jenis kanker tertentu.

5. Berolahraga secara teratur dan tingkatkan aktivitas fisik Anda

Olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan lagi menyehatkan, hampir semua orang menyukainya. Tidak ada efek samping dari olahraga, jika dilakukan dengan benar dan dalam batas sewajarnya.

Terkait dengan kolesterol, olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, bahkan dapat merendahkan resiko kematian pada penderita serangan jantung hingga 25% dibanding melakukan pengobatan biasa.

Pastikan bahwa Anda dapat mengikuti perubahan yang Anda putuskan. Berolahraga tidaklah harus melakukan sesuatu yang mungkin terasa berat bagi Anda untuk menjalaninya, anda bisa mempertimbangkan hal-hal seperti:

  • Berjalan-jalan santai setiap hari sebelum memulai aktivitas
  • Mengendarai sepeda untuk trasnportasi bekerja
  • Berenang
  • Memainkan olahraga favorit
  • Untuk tetap termotivasi, cari teman latihan atau ikuti kelompok latihan

6. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok, cobalah mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Selain paru-paru menjadi lebih sehat, berhenti merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.

Dalam waktu 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung Anda menurun. Dalam satu tahun, resiko Anda terkena penyakit jantung adalah setengah daripada perokok. Dalam 15 tahun, resiko Anda terkena penyakit jantung serupa dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

Demikian penjelasan mengenai 6 tips mudah cara menurunkan kolesterol. Menjaga asupan makanan dengan menu makanan yang sehat serta berolahraga secara teratur menjagi kunci utama untuk menurunkan kolesterol.

 

Baca juga
Obat Herbal Kolesterol Tinggi
10 Makanan Penurun Kolesterol
8 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi
7 Fakta Seputar Kolesterol

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
SEMOGA BERMNAFAAT

About the Author

QnC Jelly Gamat
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-berries/ http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-k-muricata/ http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-plus/

Be the first to comment on "6 Tips Mudah Cara Menurunkan Kolesterol"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*